by

Mengenang Alm. Yamin Azhari, Para Seniman Lenong Kumpul di Taman Ismail Marzuki

Megapolitan EMKA – Bertempat di teras Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jumat (10/1/2020) para seniman lenong dan penggiat budaya Betawi berkumpul untuk mengenang meninggalnya alm. Yamin Azhari. Acara kumpul rembuk ini diisi diskusi dengan tema “Mengembalikan Teater Rakyat Betawi agar tak asyik sendiri”, hadir sebagai narsum Nendra WD, Julianti Parani,PhD dan Dr. Syaiful Amri sebagai moderator. Diskusi kali ini dihadiri kurang lebih 50 orang, terdiri dari unsur penggiat budaya, praktisi lenong juga para penggiat literasi Betawi.

Diskusi diawali dengan babe Nendra yang bercerita tentang alm. Yamin Azhari dimana beliau sangat dekat dengan almarhum. Cerita dimulai dengan awal pertama kali kenal dengan almarhum sampai bekerjasama dalam beberapa event lenong serta dalam pembuatan film layar lebar dimana almarhum memang ahli dalam membuat skenario.

Bang Syaiful dan Ibu Julianti dalam diskusi ini juga melengkapi dengan bercerita tentang seputar lenong, seperti asal usulnya juga pakem-pakemnya. Para peserta yang terdiri para praktisi lenong dan penggiat budaya Betawi terlihat sangat serius mendengarkan setiap cerita atau materi yang disampaikan oleh nara sumber ini.

Acara diskusi ini yang di motori oleh LKB, Teater Pangkeng dan Betawi Kita diakhiri dengan sesi tanya jawab dan photo bersama. ( Davi )

Comment

News Feed