by

MEMANFAATKAN INTERNET DALAM KEGIATAN BELAJAR ANAK

-Pendidikan-15 views

Mediakemayoran.com – Libur panjang akhir tahun telah usai. Para siswa sudah kembali lagi ke bangku sekolahnya untuk menimba ilmu sebagai bekal kelak dikemudian hari. Tampak wajah-wajah ceria menghiasi setiap sudut sekolah, tanda kegiatan belajar mengajar telah aktif kembali. Tepatnya 5 hari sudah berjalan anak-anak berkonsentrasi belajar dengan metode yang telah diterapkan pemerintah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan kepada kita sebagai guru dan Orang tua Murid dalam mengawal kegiatan anak baik dirumah atau disekolah, karena keberhasilan anak bergantung juga pada orang-orang disekelilingmya.

Adalah internet sebuah alat komunikasi dan informasi yang sangat membantu baik guru atau pun murid dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, namun Sejauh ini keberadaan internet menjadi dua hal yang dapat mempengaruhi siapa saja. Internet Seperti dua buah sisi Mata uang yang apabila dipergunakan dengam positip maka dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi si penggunanya demikian pula jika kita menempatkan internet sebagai hal yang negatip maka tentunya akan menimbulkan kerugian terutama pada diri kita sendiri. Namun sejauh ini pemerintah sudah berusaha melakukan pemblokiran kepada konten-konten yang sifatnya negatip.

Di era sekarang penggunaan internet sangat membantu para pengajar untuk memudahkan mereka dalam memberikan materi tambahan. Ada beberapa pengajar yang menggunakan blog pribadi atau Media sosial seperti whatsapp untuk dijadikan ruang belajar mengajar dan Sarana informasi diluar dari kegiatan Disekolah, hal ini menjadi sebuah kemudahan dan nilai plus buat para guru dan siswanya.

Hasil dari pemantauan tim redaksi Media Kemayoran mendapatkan ada beberapa sekolah di Jakarta, Yang melarang siswanya menggunakan Internet Pada jam-jam sekolah. Pihak sekolah memerintahkan siswa mengumpulkan gawainya ketika jam pertama dimulai dan mereka Hanya memperbolehkan siswa menggunakanya setelah selesai Jam Belajar sekolah. Hal ini diterapkan sebagai bentuk kepedulian managemen sekolah dalam mengajarkan siswa agar dapat menerapkan sikap disiplin pada dirinya dan membatasi anak dalam pemggunaan gadgetnya. Nah Sekarang bagaimana peran orang tua Di rumah dalam menerapkan anak dalam penggunaan Internet melalui handphonenya?? Jangan sampai hanya pihak sekolah saja yang dapat berlaku tegas sedangkan tak berimbang ketika Anak berada dirumah. (e. Sebastian)

Comment

News Feed