by

ASTRABI Gelar Kejuaraan Silat Betawi ke 4 “Dari Tradisi Ke Prestasi”

-Berita-5 views

emka, Jakarta – Indonesia, dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman suku, adat, ras, budaya hingga kepercayaan agama. Negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih kurang 200 juta jiwa ini menyatukan keberagaman tersebut dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Betawi yang merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia pun memiliki keberagaman bahasa, seni hingga makanan tradisional sendiri. Silat sebagai salah satu seni beladiri di tanah Betawi ini sudah berkembang demikian pesat.

Di Indonesia terdapat sekitar 680 aliran silat tradisi, lebih dari separuh aliran silat tradisi tersebut lahir di tanah Betawi. Jumlah ini masih ditambah lagi dengan sekitar 200-an aliran silat kombinasi yang merupakan gabungan dari berbagai aliran. Maka layaklah bila Betawi dijadikan pusat aliran silat tradisional dunia.

ASTRABI (Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia), hadir mengusung visi untuk menjaga, mengembangkan dan melestarikan silat tradisi Betawi serta memiliki misi mengembalikan marwah silat tradisi Betawi agar menjadi tuan rumah di kampungnya sendiri, mengupayakan peningkatan mutu dan kualitas silat tradisi Betawi dari berbagai sisi serta mendorong pemerintah agar Jakarta menjadi Galeri Silat Tradisi Internasional.

Berbagai kegiatan telah dimotori oleh ASTRABI dalam upayanya meningkatkan harkat dari silat tradisi Betawi ini. Salah satunya adalah dengan gelaran Kejuaraan Silat Betawi 2019. Kegiatan ini sejatinya sudah berlangsung selama tiga tahun berturut-turut dan merupakan program dari DISPORA (Dinas Pemuda dan Olahraga) DKI Jakarta.

Menginjak tahun ke-4 penyelenggaraannya, ASTRABI dilibatkan secara penuh untuk lebih meningkatkan kualitas pesilat-pesilat yang ditargetkan bisa mengikuti silat prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Sebelumnya konsep penyelenggaraan biasanya pesilat yang bertanding di atas panggung, namun tahun ini konsep diubah dimana peserta bertanding di atas matras. Hal ini sesuai dengan semboyan ASTRABI menjadikan silat Betawi dari tradisi ke prestasi.

ASTRABI sendiri beranggotakan 100 perguruan silat Betawi serta 11 perguruan Nusantara (non Betawi).

Comment

News Feed